Sistem usaha atau investasi terdiri atas dua fungsi: fungsi inti dan pendukung. Fungsi inti sebagai hal utama dalam sistem usaha/investasi yaitu supply-demand yang saling berinteraksi membentuk pasar. Fungsi pendukung ditujukan untuk memperkuat interaksi supply-demand agar dapat mengatasi berbagai tantangan iklim usaha seperti peraturan-perundangan, kelembagaan pendukung, serta infrastruktur baik fisik dan non-fisik. Fungsi inti diharapkan akan menumbuhkan pemanfaatan sumber-sumber ekonomi secara optimal, meluasnya kerja sama pada sistem usaha/produksi dan terbentuknya klaster ekonomi. Dengan memperkuat pada fungsi pendukung yaitu iklim usaha maka diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan membuka kesempatan kerja yang lebih luas.

Situasi saat ini, sistem usaha pada fungsi inti dan pendukung menghadapi berbagai hambatan. Pada fungsi inti menghadapi hambatan antara lain: terbatasnya akses pada sumber-sumber ekonomi (termasuk keuangan, teknologi, riset, training, dll.); sub-sistem ekonomi atau produksi tidak terkait dengan sistem pasar yang lebih luas. Dengan kata lain terbatasnya kerja sama antar sub-sistem usaha dengan sistem produksi lainnya; dan terbatasnya kerja sama antar daerah (tidak mencapai pembentukan klaster ekonomi). Pada fungsi pendukung menghadapi hambatan berupa: lemahnya koordinasi antara berbagai tingkatan di pemerintahan; lemahnya kapasitas pemerintah dalam menciptaan iklim usaha yang kondusif; kerangka kebijakan dan peraturan yang kompleks; dan, investasi yang rendah dalam pengembangan infrastruktur.

Berdasarkan situasi di atas, Proyek NSLIC/NSELRED akan melakukan pendekatan dalam rangka mendorong sistem usaha/investasi yang berkeadilan dan berkelanjutan baik dengan mendorong fungsi inti dan pendukung agar sesuai dengan aspek gender, governansi, kelestarian lingkungan, dan manajemen pengetahuan.

Dalam diagram dapat ditunjukkan sebagai berikut:

Proyek NSLIC/NSELRED melakukan sinkronisasi Perencanaan Pemerintah, Rencana Strategis/Master Plan, dan Rencana Kerja Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Proyek NSLIC, Donor dan Non-Pemerintah (LSM, PT, dll.). Sinkronisasi ini mendukung upaya memperkuat iklim usaha/investasi untuk pengembangan ekonomi lokal dan daerah.