Dinas Penanaman Modal – PTSP Kabupaten Pohuwato menggelar acara “Investment for Citizen Walfare” pada 27 dan 28 September 2017 di Marisa. Acara ini dibuka oleh Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, SE. MM. Ada dua tema besar yang disajikan di sini yaitu “Pohuwato Investment Forum 2017” dan “Improvement for Managerial Skill for UKM”. Tema pertama berbicara mengenai keterlibatan para pihak yang berkontribusi pada investasi di Kabupaten Pohuwato. Tema kedua berbicara mengenai penguatan UKM sebagai pendukung perekonomian di Kabupaten Pohuwato seperti kemudahan memperoleh legalitas, pemilihan kerja sama, peluang modal usaha/investasi dan kesehatan kerja.

Acara yang digelar selama dua hari, diikuti oleh perusahaan, APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia), akademisi dan pelaku usaha kecil dan menengah. Sementara SKPD yang turut hadir dan memberikan kontribusi pemikiran yaitu Baperlitbang, Koperindang, Dinas Tenaga kerja Kabupaten Pohuwatu.

Pada diskusi hari pertama yaitu forum sinergis para pihak menghasilkan dua catatan; (1) sinkronisasi kebijakan dan tata laksana penanaman modal antara pusat dan daerah (pengembangan iklim, promosi, kerja sama, perizinan dan pengendalian penanaman modal); dan (2) peranan investasi bagi pembangunan di daerah seperti sumber modal, lapangan pekerjaan, pendapatan asli daerah, teknologi, akses pasar, dan CSR. 

Sementara dalam diskusi bertema peningkatan keterampilan Usaha Kecil Menengah (pada hari kedua), melahirkan tiga rekomendasi penting yang harus diterapkan dalam meningkatkan ekonomi daerah dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Pohuwato. Pertama, setiap Perusahaan wajib memberikan tembusan laporan pelaksanaan Coporate Social Responsibility (CSR) kepada Pemerintah Daerah melalui DPM-PTSP sebagai bentuk partisipasi aktif perusahaan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, mendorong peningkatan kemampuan kewirausahaan bagi UMKM dan BUMDES melalui kegiatan managerial skill sehingga dapat mendorong pengembangan UMKM. Ketiga, melaksanakan kegiatan dengan skala yang lebih besar berkaitan dengan investment and business deal.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.