Dalam rangka meningkatkan konsistensi antara sistem perencanaan pembangunan nasional dan daerah, Proyek NSLIC mendukung Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam penyusunan draft RPJMD 2017-2022. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah penyediaan tenaga ahli dan fasilitasi pertemuan bagi tim perumus RPJMD. Asistensi ini dilakukan untuk memperkuat Tim Perumus dalam mengintegrasikan isu gender, lingkungan dan tata kelola yang baik. Selain itu, dokumen RPJMD ini juga diharapkan dapat terintegrasi dengan tujuan-tujuan SDGs (sustainability development Goals), terutama yang terkait langsung dengan upaya pengentasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, pelestarian lingkungan hidup dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Sebagai bentuk dukungan Proyek NSLIC terhadap rancangan RPJMD, telah diselenggarakan serangkaian pertemuan Pokja yang membahas isu lingkungan hidup, kesetaraan gender serta pembangunan ekonomi dan iklim investasi. Rekomendasi terkait dengan ketiga isu yang dirumuskan tersebut menjadi masukan bagi tim perumus RPJMD di bawah koordinasi Bidang Evaluasi Bappeda Provinsi Gorontalo. Rekomendasi juga memasukkan beberapa catatan kritis yang disampaikan oleh advisor NSLIC terkait isu kesetaraan gender, lingkungan hidup dan iklim investasi.

Komitmen proyek mendukung penyelesaian dokumen RPJMD Provinsi Gorontalo 2017-2022 juga dilakukan melalui dukungan kegiatan lokakarya kolaborasi multi pihak dalam mencapai tujuan SDGs yang dilaksanakan Selasa (05/09). Kegiatan ini menghadirkan Team Leader Sekretariat Nasional SDGs, DR. Nina Sardjunani.  Selain kegiatan tersebut, Proyek NSLIC juga memberikan dukungan kepada kegiatan Musrembang RPJMD Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan Senin (25/09).

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.