Please open Admin -> Appearance -> Menus Setting

GORONTALO UTARA, 17 NOVEMBER 2020 – NSLIC/NSELRED bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara serta para ahli lingkungan telah menyusun dan menandatangani Pokok Pikiran Perlindungan, Pengendalian dan Pengelolaan Lahan Pertanian Ramah Lingkungan pada 16 November 2020. Dokumen ini diserahkan ke DPRD sebagai bahan masukan dalam penyusunan Peraturan Daerah Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2021.

“Penyusunan pokok pikiran ini dilakukan melalui beberapa tahapan seperti observasi lapangan dan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD). Dokumen ini diharapkan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan pertanian di Gorontalo Utara”, jelas Yamin Rajawali selaku District Facilitator NSLIC/NSELRED di Kabupaten Gorontalo Utara yang juga menjadi anggota tim penyusun.

Topografi Kabupaten Gorontalo Utara didominasi oleh bentuk wilayah perbukitan dan pegunungan dengan kemiringan rata-rata 15-40% dengan letak 0 – 1800 M di atas permukaan laut (Mdpl). Dengan kondisi topografi seperti itu menyebabkan banyak lahan pertanian utamanya lahan kering/tegalan berada di lereng dengan kemiringan di atas 15% atau di atas 60-70.

Umar Karim, Koordinator Tim Ahli DPRD Gorut menyampaikan bahwa meskipun kebanyakan bidang lahan pertanian di Gorontalo Utara terletak di lereng dengan kemiringan di atas 15%, akan tetapi rata-rata pengelolaannya belum memperhatikan daya dukung lahan serta aspek kelestariannya, sehingga tingkat kesuburan tanah menurun juga menyebabkan longsor dan banjir.

“Secara teknis penyebab utama atas kondisi tersebut adalah pola olah tanah yang belum mengedepankan konsep konservasi tanah berbasis lingkungan dan pilihan vegetasi tanaman yang tingkat intensitas tutupan lahannya masih sangat rendah”, lanjut Umar.

Penandatanganan dan penyerahan dokumen dilakukan secara daring dan disaksikan oleh Cavelle Dove, Direktur Proyek NSLIC/NSELRED.

###

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.