Universitas-Universitas di dua provinsi yang menjadi wilayah kerja NSLIC merupakan bagian penting dalam mendukung peningkatan iklim investasi dan pengembangan ekonomi lokal dan regional. Instansi ini merupakan wadah transformasi berbagai perkembangan pengetahuan, inovasi pendekatan, dan instrumen yang berkembang di luar ataupun sebaliknya. Proyek NSLIC berupaya melibatkan instansi tersebut sejak awal pengembangan proyek, di antaranya melalui pelibatan akademisi dalam beberapa pertemuan diskusi ataupun kajian yang dilakukan.  Untuk semakin mengembangkan kerjasama dan optimalisasi peran universitas Tim NSLIC melakukan melakukan pertemuan dengan beberapa Rektor dan pimpinan Universitas di Sulawesi Tenggara dan Gorontalo. Beberapa universitas tersebut di antaranya Universitas Halu Oleo, Universitas Muhammadiyah Sultra, Universitas Sulawesi Tenggara, Universitas Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, dan Universitas Negeri Gorontalo.

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, muncul satu kesepahaman atas pentingnya membangun lebih erat kerjasama antara proyek dengan pihak universitas sesuai dengan fungsi, kebutuhan dan ketersedian sumber daya. NSLIC berharap agar universitas-universitas  di dua provinsi tersebut dapat menjadi wadah yang akan meneruskan keberlanjutan atas hasil kerja yang diraih proyek dan sepanjang pelaksanaan proyek, universitas dapat terus mengembangkan nilai tambah atas gagasan dan inovasi yang dikembangkan proyek.

Salah satu langkah penting yang diinisiasi oleh Proyek NSLIC adalah memberikan pelatihan value chain (rantai nilai) bagi para akademis universitas-universitas di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Gorontalo. Pelatihan ini fokus untuk memperkenalkan dan berbagi pemanfaatan instrumen value chain dalam upaya mendukung peningkatan iklim investasi dan pengembangan ekonomi daerah. Instrumen ini merupakan salah satu instrumen yang terus dikembangkan oleh beberapa lembaga internasional yang peduli pada  isu tersebut. NSLIC berharap pelatihan ini berkontribusi memberikan pemahaman baru dan juga menyamakan persepsi bagi peserta dalam mendukung pengembangan iklim investasi dan pengembangan ekonomi daerah melalui pemanfaatan instrumen value chain

Diharapkan juga pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan peserta atas konsep, cara penggunaan, dan manfaat instrumen value chain dalam upaya mendukung peningkatan iklim investasi dan pengembangan ekonomi daerah. Selain itu pentingnya sinkronisasi program kerja antara instansi asal peserta dengan target dan tujuan proyek NSLIC juga merupakan hasil lain yang diharapkan tercipta dari pelatihan ini. Maka, pada 5 sampai 8 Juni 2018 di Novotel Bogor, NSLIC mengundang 22 akademisi dari perguruan tinggi di 2 provinsi lokasi proyek NSLIC. Diharapkan ke-22 perwakilan ini dapat memperoleh hasil maksimal dari 4 hari pelatihan tersebut guna diaplikasikan dan dimanfaatkan di tempat mereka mengabdikan jasanya maupun di penelitian-penelitian yang sedang atau akan dikerjakan.

 

Peserta Pelatihan Rantai Nilai

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.