Pada 12 – 13 Juli yang lalu, NSLIC-NSELRED kembali memberikan pelatihan instrument COMPASS bagi para akademisi yang berada di wilayah kerja NSLIC. Universitas lokal merupakan instansi penting di daerah dalam mendukung peningkatan iklim investasi dan pengembangan ekonomi lokal dan regional. Instansi ini dapat menjadi wadah untuk mentransformasikan berbagai kemajuan pengetahuan, pendekatan ataupun instrumen baru dari luar daerah/negara untuk meningkatkan kapasitas para pihak di daerah. Sebaliknya, universitas-universitas di daerah juga bisa menjadi pusat pembelajaran atas praktik-praktik baik yang berhasil dikembangkan di daerah untuk dipromosikan dan direplikasi lebih luas lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai upaya mendorong universitas sebagai pusat pembelajaran, proyek NSLIC telah melatih 22 peserta, perwakilan dari universitas-universitas di Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tenggara tentang Value Chain Analysis, pada tanggal 5 – 6 Juni 2018 di Bogor. Dengan memberikan pengetahuan tentang value chain analysis kepada para pengajar dari universitas, diharapkan mereka mendapatkan pengayaan terhadap satu pendekatan baru tentang cara mengidentifikasi, menganalisis, menetapkan sektor dan komoditas unggulan daerah berbasis pada pasar.

Pemilihan kelompok dilakukan secara random agar tercipta komposisi yang berbeda-beda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah metode value chain dilatihkan kepada wakil-wakil dari universitas, proyek NSLIC/NSELRED menganggap perlu kembali memperkuat kapasitas mereka melalui pengenalan metode perencanaan partisipatif dengan pendekatan Compass. Kegiatan ini akan difasilitasi oleh tenaga ahli dalam bidangnya dan telah berpengalaman menjadi pelatih maupun fasilitator dalam kegiatan sejenis, dan diharapkan para peserta kegiatan mampu mengaplikasikannya pada kesehariannya maupun ketika sedang terlibat dalam suatu kegiatan.

Para pakar menyampaikan hasil kerja kelompok.

 

 

 

 

 

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.