KOTA GORONTALO. Menekan kemiskinan menjadi isu strategis dan mendapat perhatian banyak pihak di Provinsi Gorontalo. Di sisi lain pengembangan Kelapa, Jagung, Kopi, Jahe dan berbagai jenis agro lainnya menjadi perhatian bersama beberapa kabupaten terkait. Sedangkan pariwisata merupakan salah satu sektor yang juga dianggap dapat menjadi penggerak eonomi sekaligus faktor perekat kerjasama antar daerah (KAD) di Provinsi Gorontalo. Hal ini terungkap dalam Pelatihan Perencanaan KAD yang difasilitasi oleh NSLIC/NSELRED bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kerjasama Antar Daerah (LEKAD) di Kota Gorontalo pada 13 September 2018.

Pelatihan Pengembangan Potensi Ekonomi Melalui Kerjasama Antar Daerah (KAD) yang difasilitasi oleh NSLIC/NSELRED bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo dan LEKAD, 13 September 2018.

 

National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED) adalah proyek kerjasama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) dengan fokus pada perbaikan iklim usaha bagi Koperasi dan UMKM dan memperkuat kapasitas pemerintah daerah dalam pembangunan ekonomi lokal dan regional. Proyek ini bertujuan memberikan penguatan kapasitas kepada para pihak di lima kota/kabupaten di Provinsi Gorontalo yaitu Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara, Boalemo dan Pohuwatu.

Kerjasama antar daerah, khususnya yang bersifat kewilayahan dipandang perlu diwujudkan mengingat kebutuhan daerah untuk mampu memberdayakan segala potensi yang ada secara optimal dalam rangka menciptakan daya saing. Keberadaan platform komunikasi pembangunan kewilayahan dapat banyak memberikan kontribusi terhadap sinkronisasi kebijakan dan perencanaan pembangunan. Hal ini tentu akan berdampak pada semakin kuatnya pelayanan publik dan pembangunan yang juga tercermin pada berkurangnya disparitas pembangunan.

 

Membangun kesadaran bersama untuk melakukan KAD bukan suatu perkara mudah. Di samping komitmen para pelaku kunci, dibutuhkan pula kesungguhan pemerintah daerah terkait untuk bersama-sama membangun platform KAD yang efektif. Salah satu rekomendasi tindak lanjut kegiatan yang disampaikan adalah untuk menyelenggarakan pelatihan lanjutan terkait aspek kelembagaan KAD. Diharapkan dari kegiatan tersebut dapat lahir inisiasi kelembagaan KAD Provinsi Gorontalo yang dapat mewadahi komunikasi pembangunan dari kelima kota/kabupaten yang menjadi wilayah kerja NSLIC/NSELRED di Provinsi Gorontalo.

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.