BOGOR. NSLIC/NSELRED bersama Mesopartner menggelar Pelatihan Pembangunan Ekonomi Lokal dan Regional atau Local and Regional Economic Development (LRED) di Bogor pada 27-31 Agustus 2018. Sekitar 30 peserta dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kepala dan Kepala Bidang Ekonomi 12 BAPPEDA Provinsi/Kota/Kabupaten di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tenggara serta Kepala BAPPEDA di enam wilayah kerja program Responsive Innovation Fund (RIF) mengikuti pelatihan selama lima hari yang dipandu oleh fasilitator Christian Schoen dan Shawn Cunningham dari Mesopartner (https://www.mesopartner.com), sebuah firma pengetahuan di bidang pembangunan ekonomi, kekompetitifan pasar dan inovasi.

NSLIC/NSELRED bersama Mesopartner menggelar Pelatihan Pembangunan Ekonomi Lokal dan Regional atau Local and Regional Economic Development (LRED) pada 27-31 Agustus 2018 untuk empat kementerian teknis dan 12 BAPPEDA Provinsi/Kota/Kabupaten di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tenggara dan enam BAPPEDA di wilayah kerja RIF tahap pertama. [Photo: NSLIC/NSELRED]

 

Melalui Pelatihan LRED, Mesopartner mengajarkan pemahaman dasar LRED sebagai sebuah pendekatan proses pembangunan dan memperkenalkan instrumen serta perangkat khusus untuk mempromosikan LRED di daerah. Pelatihan dengan konsep interaktif ini mengajak para peserta untuk belajar secara aktif melalui penerapan tools pilihan dalam berbagai kelas pelatihan. Pelatihan LRED ini merupakan materi pengantar bagi pemerintah daerah yang ingin mengaplikasikan pendekatan LRED dan perangkatnya untuk mendorong pembangunan ekonomi lokal dan regional mereka. Pasca pelatihan, pemerintah provinsi, kota dan kabupaten didorong untuk mengidentifikasi, merancang dan melaksanakan kegiatan-kegiatan LRED. Berbagai instrumen LRED yang diperkenalkan mengikuti sebuah perdekatan top-down partisipatoris yang akan dapat membantu stakeholders terkait untuk membangun kesamaan visi atas lokalitas dan keunggulan daerah, menemukan kesepahaman di atas kepentingan yang berbeda dan membangun program LRED yang mengakomodasi kebutuhan.

 

Pelatihan ini juga memfasilitasi pertukaran berbagai pengalaman dan instrumen LRED, kebijakan bottom-up industrial, sistem inovasi, kompleksitas berpikir dan pengembangan sistem pasar. Adapun lima elemen utama pelatihan terdiri dari:

  1. LRED Dasar: Konsep dasar LRED, LRED Hexagon, Pemerintahan dalam LRED;
  2. LRED Tingkat Lanjut: Fasilitasi Proses LRED; Wawasan Sistemik, Kompleksitas dalam LRED, implikasi wawasan untuk NSLIC/NSELRED;
  3. Memperluas Perspektif: Fokus Kebijakan dan Sinergi, Keberlanjutan, Penyelesaian LRED – menggunakan Hexagon sebagai alat di lapangan, analisis kegiatan LRED yang ada di lokasi kerja proyek NSLIC/NSELRED;
  4. Konsep dan Tools Khusus: Meso-organisasi di LRED, Iklim Bisnis dan Investasi, Lokakarya Penilaian Red Tape (atau Survei Iklim Bisnis); dan
  5. Alat Analisis Partisipatif untuk memahami dan menilai suatu lokasi atau wilayah; desain proses LRED yang disesuaikan untuk area kerja NSLIC/NSELRED.

 

 

Salah satu kegiatan komponen proyek NSLIC/NSLERED adalah mendukung LRED Support Facility atau yang ke depan disebut Tim Koordinasi LRED Nasional. Salah satu dukungan yang diberikan adalah melalui pelatihan LRED yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab para pemangku kepentingan teknis di tingkat nasional. Pelatihan ini juga akan meningkatkan kapasitas pemerintah baik di tingkat nasional dan daerah dalam konsep LRED, fasilitasi proses, fokus kebijakan, sinergi, iklim bisnis dan investasi sehingga memungkinkan mereka menggunakan perangkat LRED untuk merencanakan dan melaksanakan program serta memastikan keberlanjutan (sustainability) program-program LRED. Sedangkan bagi NSLIC/NSELRED, pengetahuan dan keterampilan dari pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk mempertajam pelaksanaan proyek dalam mendukung peningkatan iklim investasi di daerah dan pengembangan ekonomi lokal dan regional.

 

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat menerapkan konsep dan strategi LRED untuk mendukung tugas mereka sesuai dengan mandat masing-masing kementerian, dinas dan lembaga dalam mendukung implementasi proyek NSLIC/NSELRED baik di tingkat nasional dan lokal.

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.