Please open Admin -> Appearance -> Menus Setting

JAKARTA. Proyek National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED), kemitraan antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) sukses menyelesaikan pelaksanaan program Responsive Innovation Fund (RIF) atau Dana Inovasi Responsif Tahap Pertama sekaligus akan meluncurkan program RIF Tahap Kedua, melalui Penandatangan Nota Kerjasama Kemitraan Indonesia – Kanada yang berlangsung pada Kamis, 25 April 2019 di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta.

Head of Cooperation dari Global Affairs Canada (GAC), Pierre–Yves Monnard menyampaikan selamat dan apresiasi kepada perwakilan Pemerintah Daerah dan seluruh jajaran dari 12 Kawasan Program RIF Tahap Pertama dan Kedua. “Atas nama Pemerintah Kanada, Saya mengucapkan selamat kepada enam pemerintah daerah dan seluruh mitra atas kesuksesan pelaksanaan kegiatan program RIF Tahap Pertama. Kami sangat bahagia mengetahui banyak prestasi dan pembelajaran baik telah diraih oleh RIF Tahap Pertama yang dapat dibagikan dan dijadikan model pengembangan ekonomi lokal bagi enam pemerintah daerah pelaksana RIF Tahap Kedua dan semua pemangku kepentingan di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional untuk potensi scale-up dan replikasi program. Bukan hanya kesuksesan, namun berbagai tantangan juga dapat dijadikan pembelajaran bersama untuk memastikan keberlanjutan program. Kami juga ingin mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh mitra di tingkat nasional yang dikoordinasi oleh Kementerian PPN/BAPPENAS, atas dukungan dan sumber daya untuk pelaksanaan program RIF di tingkat daerah. Kepada enam pemerintah daerah penerima dukungan program RIF Tahap Kedua, Kami ucapkan selamat dan semoga inisiatif-inisiatif yang dipilih akan sukses terlaksana dan dapat berkontribusi bagi pengembangan ekonomi daerah masing-masing.” kata Monnard.

Head of Cooperation dari Global Affairs Canada (GAC), Pierre–Yves Monnard saat menandatangani Nota Kerjasama Kemitraan Indonesia – Kanada untuk Program RIF Tahap Kedua pada Kamis, 25 April 2019 disaksikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian PPN/Bappenas, Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata (paling Kanan), Executive Vice President dari CowaterSogema International, Wilson Pearce (kedua dari Kanan) dan NSLIC/NSELRED Project Director, Dr. Rino A. Sa’danoer (kedua dari Kiri). [Photo: ©Virgi Fatmawati/NSLIC/NSELRED]

Wilson Pearce, Executive Vice President dari CowaterSogema International (selaku pelaksana proyek NSLIC/NSELRED) turut menandatangani Nota Kerjasama Kemitraan Indonesia – Kanada bersama para bupati dan perwakilan dari enam kabupaten (Manokwari, Dompu, Mempawah, Pesisir Selatan, Kayong Utara, dan Sidenreng Rappang) yang terpilih untuk pelaksanaan Program RIF Tahap Kedua pada Kamis, 25 April 2019. [Photo: ©Virgi Fatmawati/NSLIC/NSELRED]

 

Program RIF dirancang sebagai dukungan teknis pembangunan bagi 18 Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) melalui seleksi dari 60 KPPN yang merupakan hinterland dari 39 Pusat Pertumbuhan Peningkatan Keterkaitan Kota-Desa sebagai salah satu sasaran pembangunan wilayah pada RPJMN 2015–2019. Sebagai komponen dari proyek NSLIC/NSELRED yang dikelola oleh CowaterSogema International, program RIF senilai Rp 18 miliar berlangsung dalam tiga tahap mulai 2018 hingga 2020 dengan memilih enam usulan inovasi dari enam kabupaten setiap tahunnya.

Agenda pembangunan nasional yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019 tersebut menegaskan pentingnya kebijakan, program dan kegiatan yang nyata dan terukur untuk mendorong percepatan pembangunan perdesaan dan daerah. Pengembangan ekonomi lokal merupakan penopang utama kinerja perekonomian nasional. Selaras dengan tujuan tersebut, Pemerintah Daerah dipandang mampu melakukan berbagai inovasi pembangunan ekonomi jika ditunjang dengan dukungan teknis dan perangkat yang tepat. Hal ini sejalan dengan pernyataan yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata, MCRP, PhD, “Pembangunan Kawasan perdesaaan merupakan salah satu sasaran pokok yang mendukung pengembangan pusat-pusat pertumbuhan baru untuk mempercepat pembangunan daerah dan mengurangi kesenjangan pembangunan antar-wilayah, yang dilakukan melalui pengembangan ekonomi lokal berbasis produk unggulan masing-masing daerah terpilih.”

Pelaksanakan program RIF diharapkan dapat menjadi inisiatif stategis guna mendukung pencapaian RPJMN 2015-2019. NSLIC/NSELRED Project Director, Dr. Rino A. Sa’danoer mengatakan, “Kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan Kanada melalui Proyek NSLIC/NSELRED menyediakan dana inovasi responsif sebesar Rp 1 miliar per tahun bagi masing-masing 18 Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) melalui program RIF. Dalam pelaksanaan program RIF, Kami bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA), Badan Usaha Milik Daerah (BUMDA, BUMNEGMA, BUMDESMA dan BUMDES), UMKM serta para pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan inovasi pembangunan ekonomi daerah yang ramah lingkungan, responsif gender serta bertata kelola yang baik. Kami berharap program RIF ini dapat menstimulasi dan mendorong inovasi pembangunan ekonomi lokal dan meningkatkan iklim investasi melalui pendekatan-pendekatan inovatif untuk pengembangan produk dan sektor ekonomi yang dipilih oleh Pemerintah Daerah terkait.”

Program RIF Tahap Pertama yang dilaksanakan Maret 2018 hingga April 2019 telah menghasilkan banyak kemajuan yang membanggakan. Sekitar 6.105 penerima manfaat program RIF Tahap Pertama meliputi pemerintah, sektor swasta, akademisi, lembaga penelitian, komunitas dan kelompok masyarakat telah mendapatkan pendampingan melalui 209 pelatihan dan dukungan teknis untuk pengembangan kapasitas kelembagaan, pengembangan produk, ekspansi pasar dan penciptaan lapangan kerja yang adil bagi laki-laki dan perempuan. Pengembangan ekonomi lokal berbasis produk-produk unggulan daerah baik di sektor Pertanian seperti Nira, Kopi, Salak, Kelapa, Sagu, Jagung, Beras Organik dan Pupuk Organik; Perikanan/Kelautan seperti Ikan Olahan, Terasi, Kerupuk dan Rumput Laut; serta sektor Pariwisata dan Kerajinan juga telah membuka peluang kerja bagi sekitar 2.929 orang.

Adapun enam kawasan/kabupaten yang telah sukses melaksanakan program RIF Tahap Pertama yaitu: 1) Kawasan Nikosake di Kabupaten Tabanan, Bali; 2) Kawasan Luwita di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan; 3) Kawasan Palaga Pulau Tujuh di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku; 4) Kawasan Praya di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; 5) Kawasan Rasau Raya di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat; 6) Kawasan Ijen di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Untuk program RIF Tahap Kedua yang dilaksanakan April 2019 hingga April 2020, telah terpilih enam kabupaten yaitu: 1) Kabupaten Manokwari, Papua Barat; 2) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat; 3) Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat; 4) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat; 5) Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat; serta 6) Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Penutupan Program RIF Tahap Pertama dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (Peluncuran) Program RIF Tahap Kedua dihadiri perwakilan dari Kedutaan Kanada untuk Indonesia, Global Affairs Canada (GAC); Kementerian PPN/Bappenas; Kemendesa; Kemenko PMK; Kementerian Agraria dan Tata Ruang; serta Kementerian/Lembaga (K/L) teknis lainnya; kerjasama multilateral/bilateral, donor dan mitra pembangunan; Bupati, Bappeda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Pengelola Kawasan dan penerima manfaat Program RIF; kalangan bisnis; investor; bank/non-bank; media, dll. Sementara itu, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama untuk 6 Kawasan RIF Tahap Kedua dilakukan secara resmi oleh Kementerian PPN/Bappenas dan kementerian teknis; Head of Cooperation dari Global Affairs Canada (GAC), Pierre–Yves Monnard; Executive Vice President dari CowaterSogema International (pelaksana proyek NSLIC/NSELRED), Wilson Pearce; Project Director NSLIC/NSELRED, Dr. Rino A. Sa’danoer; serta para Bupati/perwakilan dari enam kabupaten yang terpilih untuk program RIF Tahap Kedua.

Acara berkonsep talkshow, business/investors gathering dan expo ini menyajikan berbagai pembelajaran, penayangan video ‘before-after’ intervensi program RIF, pameran produk dan kemajuan RIF Tahap Pertama sebagai sarana sharing/review bersama. Pada sesi talkshow juga akan dibahas Rencana Inovasi RIF Tahap Kedua dengan tema “Kebijakan dan Dukungan Kementerian/Lembaga Nasional dan Pemerintah Daerah untuk Pengembangan Ekonomi Lokal berbasis Wilayah Perdesaan” dengan pembicara dari 6 Kawasan RIF Tahap Kedua dan Kementerian/Lembaga. Acara ini diharapkan dapat membantu pemetaan kebijakan dan peluang kontribusi para pihak di tingkat nasional dan daerah untuk kesuksesan pelaksanaan RIF Tahap Kedua dan strategi keberlanjutan RIF Tahap Pertama dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan iklim investasi yang akan mendorong pembangunan daerah secara berkelanjutan.

 

Text by Virgi Fatmawati/NSLIC/NSELRED

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.